Inilah 9 Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Apa Saja?

Senjata nuklir adalah salah satu senjata yang paling ditakuti di hampir semua negara di dunia. Bagaimana tidak, pada awal Agustus 1945, bom atom nuklir digunakan untuk menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki serta membunuh ratusan ribu orang. Belum lagi orang-orang di luar sana yang harus terkena radiasi.

Sampai saat ini, ada banyak negara yang dikenal memiliki senjata nuklir. Namun, pengoperasian atau penggunaan senjata tersebut tentunya tidak boleh sembarangan. Semuanya harus didasarkan pada perjanjian internasional yang termasuk dalam Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berikut adalah sembilan negara dengan senjata nuklir terbanyak di dunia yang harus Anda ketahui.

Korea Utara

Bukan rahasia lagi jika Korea Utara merupakan salah satu negara dengan senjata nuklir yang tangguh dan diperkirakan memiliki 10-20 unit. Uji coba Korea Utara pertama dilakukan pada Oktober 2006 di Kelju, Provinsi Hamgyong Utara.

Korea Utara bukanlah salah satu negara yang menyetujui Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif. Akibatnya, mereka tidak diwajibkan untuk mematuhi kesepakatan tersebut meski banyak negara lain telah mendesaknya untuk tidak melakukan uji coba atau uji coba nuklir, terakhir kali Korea Utara melakukan uji coba nuklir pada September 2017.

Israel

Belakangan ini, nama Negara Israel menjadi sorotan akibat maraknya konflik dengan pasukan Hamas di Palestina. Israel adalah salah satu negara dengan tentara paling kuat di dunia. Menurut CNBC, mereka memiliki setidaknya 80 senjata nuklir.

Diketahui bahwa percobaan pertama dilakukan antara tahun 1960-1979. Belakangan diketahui bahwa Israel adalah penandatangan Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif. Artinya, negara tersebut tidak diperbolehkan melakukan kegiatan uji coba senjata nuklir. Untuk alasan ini, belum ada aktivitas nuklir yang dikonfirmasi dari Israel dalam beberapa dekade terakhir.

Berita Lainnya  Rasa Takut dan Fobia Ternyata Berbeda, Ini 5 Pembeda nya

India

India adalah salah satu negara terpadat di dunia. Tak disangka, mereka juga dikenal memiliki pasukan yang tangguh. Diketahui bahwa negara tersebut memiliki senjata nuklir sebanyak 120-130 unit.

Senjata nuklir pertama India diluncurkan pada Mei 1974 di Pokhran, provinsi Rajasthan. Terakhir kali India melakukan aktivitas nuklir adalah pada Mei 1998. India sendiri bukan penandatangan Traktat Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif, sehingga tidak wajib menghentikan aktivitas nuklirnya.

Pakistan

Selain India, ada juga Pakistan yang juga dikenal memiliki banyak senjata nuklir. Menurut CNBC, Pakistan memiliki 130-140 senjata nuklir. Percobaan pertama dilakukan pada Mei 1998 di Ras Koh Hills, Balochistan Region.

Unit nuklir Pakistan dikenal sebagai Chagai-1. Setidaknya, enam uji coba nuklir telah dilakukan. Ia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan tentara paling kuat di Asia Selatan.

Inggris

Harus diakui bahwa Inggris adalah salah satu negara militeristik yang paling dihormati di dunia. Dalam hal kepemilikan senjata nuklir, negara ini diketahui memiliki 215 unit. Setidaknya 45 unit nuklir dimasukkan ke dalam layanan pada pertengahan abad ke-20.

Uji coba nuklir pertama yang dijuluki Hurricane dilakukan pada Oktober 1952. Uniknya, aktivitas itu dilakukan di Kepulauan Monte Bello, Australia, dan bukan di wilayah negaranya sendiri.

Tiongkok

China adalah salah satu kekuatan besar di dunia saat ini. Negara ini juga memiliki kekuatan militer yang tak terbantahkan. Dalam hal kepemilikan nuklir, China diketahui memiliki 270 unit.

Uji coba nuklir China pertama dilakukan pada Oktober 1964 dengan nama Eksperimen 596. Kegiatan itu dilakukan di Lop Nur, Xinjiang. Terakhir kali China melakukan uji coba nuklir pada Juli 1996.

Prancis

Prancis juga memiliki sejumlah senjata nuklir. Setidaknya di Prancis ada 270 unit. Upaya pertama terjadi pada Februari 1960 di Regane, Aljazair. Terakhir kali Prancis melakukan uji coba nuklir adalah pada tahun 1996. Namun, negara ini telah menyepakati Traktat Pelarangan Uji Coba Nuklir Menyeluruh sehingga wajib menghentikan semua kegiatan ilegal yang berkaitan dengan bidang nuklir.

Berita Lainnya  Berikut 5 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan jumlah senjata nuklir terbesar, yaitu 6.550 unit. Mereka melakukan 1.030 tes senjata. Percobaan pertama dilakukan pada 16 Juli 1945 di Alamogordo, New Mexico.

Amerika Serikat adalah penandatangan Comprehensive Nuclear-Test-Larangan Treaty. Untuk itu, CNBC melaporkan, September 1992 merupakan kali terakhir mereka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tenaga nuklir.

Rusia

Negara dengan jumlah unit nuklir terbesar di dunia adalah Rusia. Setidaknya negara itu memiliki 6.800 unit nuklir. Tes pertama dilakukan pada Agustus 1949 di Semipalatinsk, Kazakhstan.

Rusia sendiri melakukan setidaknya 715 uji coba hingga tahun 1990. Namun mereka menyepakati Traktat Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif sehingga negara tersebut wajib untuk tidak melakukan kegiatan senjata nuklir.

Nah, itulah sembilan negara dengan senjata nuklir terbanyak. Saat ini, hampir semua negara berkomitmen untuk non-aktivitas nuklir. Tentu saja, banyak orang berharap tidak ada negara yang akan melakukan kegiatan nuklir lagi mengingat efek buruk dari beberapa peristiwa di masa lalu.

You May Also Like